ANALISIS SELF CONCEPT, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Main Article Content

Abdul Hadi
Karim Karim
Agni Danaryanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh self concept dan keaktifan terhadap hasil belajar matematika murid SMP. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan survey. Populasi penelitian ini adalah murid SMPN se-Kota Banjarmasin. Untuk pengambilan sampel, digunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis regresi berganda berbantukan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self concept murid, keaktifan murid dalam belajar secara mandiri, dan hasil belajar murid masing-masing berada pada kategorisasi sedang. Adanya pengaruh positif yang signifikan dari self concept dan keaktifan belajar murid secara mandiri terhadap hasil belajar matematika. Untuk itu, agar murid mendapatkan hasil belajar matematika yang baik, maka perlu dibina self concept dan keaktifan belajar murid secara mandiri.

Article Details

Section
Articles

References

Andinny. (2013). “Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Murid”. Jurnal Formatif 3(2).

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendriana, H., dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.

Hendriati, A. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Lasfita. (2016). Hubungan Konsep Diri dan Kecemasan Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Murid SMPN 5 Sidoarjo. Surabaya: Skripsi Pendidikan Matematika.

Murniati. (2017). Pengaruh Konsep Diri Dan Keaktifan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Murid Kelas XI IPS Di SMAN 2 Jonggat Tahun Pelajaran 2016/2017. Mataram: Skripsi Pendidikan Matematika.

Nursiyono, A. J. (2014). Kompas Teknik Pengambilan Sampel. Bogor: In Media.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konsultasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan). Jakarta: Dirjen Dikti, Depdiknas.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syah, M. (2012). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Tata Laksana.

Tim Direktorat Pembinaan SMP. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.