KONTRIBUSI PUSAT KENDALI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Main Article Content

Nur Imamah Aulia
Karim Karim
Agni Danaryanti

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis kontribusi pusat kendali dan kedisiplinan belajar terhadap  hasil  belajar  matematika  siswa  SMP.  Jenis  penelitian  ialah  deskriptif  kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ialah siswa SMP Negeri Se-Kota Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan angket serta dokumentasi. Untuk teknik analisis data, digunakan regresi linear berganda. Hasil analisis,  baik  secara parsial maupun simultan  menunjukkan adanya kontribusi pusat kendali dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Meskipun kontribusi pusat kendali dan kedisiplinan belajar siswa relatif kecil terhadap hasil belajar matematika, guru dan orang tua hendaknya selalu mendorong mereka agar selalu menjaga dan meningkatkan pusat kendali dan kedisiplinan belajar ini.

Article Details

Section
Articles

References

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2014). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hikmawati, F. (2019). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Mantulangi, D. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di Sekolah SMK Almamater Telaga. Skripsi Sarjana: Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Maulana, N. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Locus Of Control Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survei pada Siswa Kelas XI IIS SMA di Wilayah Utara Kota Bandung). Skripsi Sarjana: Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Soemanto. (2006). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Triwiyanto, T. (2014). Pengantar. Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tu'u, T. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Widana, N. N. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 1.

Widyaninggar, A. A. (2014). Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali (Locus of Control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 94.