PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP
Main Article Content
Abstract
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran maupun karakteristik siswa. Berdasarkan data nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) yang diperoleh dari guru kelas VIII di SMP Negeri 24 Banjarmasin menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa relatif rendah, karena didapati pada data tersebut untuk kelas VIII B hanya 12 orang atau 35,29% yang memenuhi KBM, bahkan untuk kelas VIII C hanya 7 orang atau 20% yang memenuhi KBM. Sehingga, perlu solusi inovatif guna memperbaiki permasalahan tersebut, yakni dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 24 Banjarmasin yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII FSMP Negeri 24 Banjarmasin. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data berupa tes evaluasi akhir. Statistika deskriptif digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 24 Banjarmasin yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL berada pada kualifikasi baik.
Article Details
References
Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kartika, D. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Mulyasa, E., Iskandar, D., & Aryani, W. D. (2017). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Paloloang, M.F.B, (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMPN 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 2 No 1, September 2014.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudjana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, cv.
Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Umma, D.L. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa Pada Materi Pokok Polinomial kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut. Skripsi, Tulungagung: IAIN Tulungagung