KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Nur Melinda
Ahmad Lazwardi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan disposisi matematis siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Penelitian dilakukan peneliti terhadap siswa kelas XI dengan jumlah 30 orang dan merupakan siswa dari sekolah MAN 1 Banjarmasin, dengan berdasarkan pertimbangan kemudahan komunikasi antara peneliti dengan siswa karena peneliti adalah alumni pada sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan pengisian kuesioner/angket yang dibagikan pada link google form. Untuk teknik analisis datanya peneliti menggunakan metode statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa kemampuan disposisi matematis siswa kelas XI yang bersekolah di MAN 1 Banjarmasin pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dengan beberapa indikator yaitu memiliki rasa percaya diri yang “BAIK” (67,32%), rasa diri mampu yang “BAIK” (64,89%), rasa ingin tahu yang “BAIK” (72,65%), sikap rajin dan tekun yang “BAIK” (70,23%), sikap fleksibel yang “BAIK” (68%), dan sikap reflektif yang “BAIK” (62,49%).

Article Details

Section
Articles

References

Daring - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2020, Mei 8). Retrieved from Lektur.ID: https://lektur.id/arti-daring/

Afifah, D. S. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperative Tipe STAD. PEDAGOGIA : Jurnal Pendidikan, 145-151.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Belajar Di Luar Ruangan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 106-113.

Domenico Cucinotta, M. V. (2020). WHO Declares COVID-19 a Pandemic. Acta Biomed, 157-160.

Hariyanto, S. d. (2014). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Indonesia, R. (2003, Juli 08). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from Sistem Informasi Manajemen Keuangan Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan RI: http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Kebudayaan, K. P. (2020, Maret 24). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19 . Retrieved from www.kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Masruroh, S. (2017). PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII MTsN KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2016/ 2017. IAIN Tulungagung, 20-44.

Mikrayanti. (2016). karena melalui pendidikan pula manusia dapat memperoleh ilmu pengetahuan serta memperluas wawasannya. (Lanani, 2015; Mikrayanti, 2016) . Suska Journal of Mathematics Education , 97-102.

Mustamid, H. R. (2015). PENGARUH EFEKTIFITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS. EduMa, 26-42.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

Oetting, H. (2006). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Disertasi Doktor pada PPS UPI, tidak dipublikasikan.

Rasyad, R. (2003). Metode Statistik Deksriptif untuk Umum. Jakarta: PT.Grasindo.

Ruseffendi, E. (1998). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Rusnilawati. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran matematika bercirikan berbagi pengetahuan aktif dengan belajar saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 246-258.

Sasono Wibowo, F. E. (2015). MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PENYERBUKAN PADA TUMBUHAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8. Techno.COM, 151-158.

Shanley, L. (2016). Evaluating Longitudinal Mathematics Achievement Growth: Modeling and Measurement Considerations for Assessing Academic Progress. Educational Researcher. Sage Journals, 1-11.

Sugihartono. (2017). Psikologi Pendidkan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyanti, D. P. (2017). PROFIL DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG PADA MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL. journal.upgris.ac.id, 55-64.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumarmo, U. (2010). Pendidikan Karakter, Berpikir dan Disposisi Logis, Kritis, dan Kreatif. Makalah disajikan dalam perkuliahan Evaluasi Matematika 2011 Pascasarjana UPI, Tidak dipublikasikan.