PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BALIKPAPAN SELAMA MASA COVID-19
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh persepsi mahasiswa mengenai keterampilan mengajar dosen terhadap hasil belajar mahasiswa, (2) pengaruh kemandirian belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa, (3) pengaruh persepsi mahasiswa mengenai keterampilan mengajar dosen dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa pendidikan matematika Universitas Balikpapan dengan sampel penelitian pada semester II dan VI. Cluster random sampling merupakan pengambilan samplingnya. Teknik pengumpulan data persepsi mahasiswa mengenai keterampilan mengajar dosen dan kemandirian belajar mahasiswa dilakukan dengan kuesioner, sedangkan untuk hasil belajarnya berupa dokumentasi. Pengujian instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisi data dengan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis dengan uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F). Persamaan regresi berganda yang diperoleh Y = 102,828 + 0,528X1 – 1,169 X2. Dengan menggunakan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh persepsi mahasiswa mengenai keterampilan mengajar dosen terhadap hasil belajar mahasiswa; (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa; dan (3) terdapat pengaruh persepsi mahasiswa mengenai keterampilan mengajar dosen dan kemandirian belajar mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswa.
Article Details
References
Desmita. (2016). Psikologi Perskembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP. of EST. 1(2), 86-101.
Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Retnani, M. V. D. (2014). Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas XI IPS Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Purwodadi Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. FKIP. Pendidikan Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Rohmah & Marimin. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Purwodadi. Dinamika Pendidikan, 10(1), 28-41.
Satmoko, A., A. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Purworejo. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Pendidikan Ekonomi. Universitas Semarang. Semarang
Sa'ud, U. S. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Cv. Alfabeta.
Singh, G., ’donoghue, J. O., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education. Journal of University Teaching & Learning Practice , 2(1), 13-24.
Sobri, M., & Moerdiyanto. (2014). Pengaruh Kedisplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial. 1 (1), 43-56.
Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, D. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI Press.
Zhafira, Ertika, & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana PembelajaranSelama Masa Karantina COVID-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4 (1), 37-45.