STUDI EKSPLORATIF DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI

Main Article Content

Siti Mukhalafatun
Hanan Hanan

Abstract

Masa pandemi COVID-19 menimbulkan beberapa permasalahan khususnya dalam sistem pembelajaran kampus yang  dipaksa beralih  secara signifikan  dari  pertemuan  tatap  muka menjadi pembelajaran  e- learning secara total. Dimana e-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan deskriptif kualitatif  yang  menguraikan keadaan kegiatan pembelajaran  e-learning  dan  pendekatan  penelitiannya menggunakan metode studi kasus eksplorasi. Penilaian dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa aktif di beberapa perguruan tinggi berdasarkan  sampling secara daring dengan 100 responden. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui permasalahan terkait proses pembelajaran e-learning dan akibat dari permasalahan itu. Dari penelitian yang telah dilakukan, permasalahan tersebut   diantaranya kendala jaringan yang tidak menentu, kurangnya semangat dalam pembelajaran, komunikasi antara dosen dan mahasiswa menjadi berkurang, dan sebagainya. Hasil analisis akhir dari penelitian ini dapat dipersentasekan dan digolongkan sebagai acuan dampak pembelajaran pendidikan di masa pamdemi COVID-19 pada Perguruan Tinggi. Adanya COVID-19 diharapkan tidak menjadi batasan untuk  menempuh pembelajaran, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi dosen maupun pihak pendidikan lainnya dalam hal permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Dengan demikian semua pihak yang terlibat bisa menyesuaikan sistem e-learning dalam proses belajar mengajar, agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Article Details

Section
Articles

References

Angkowo, R; Kosasih A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: PT Grasindo Almatsier, S

Berliner, D. C. (1987). Simple views of effective teaching and a simple theory of classroom instruction. In Berliner,D. C. &. Rosenshine B. V (Eds.), Talks to teachers (pp.93-110). New York: Random House.

Creswell, J. W. (2013). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. New Jersey: Pearson Education Inc.

Dabbagh, N. and Ritland. B. B, Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson, 2005.

Dakwah, S. F., Uin, K., & Fatah, R. (n.d.).

SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN ONLINE, MELALUI. 60–76.

Darmawan, D. (2012). “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, & Yuliana *). (2020). Corona virus diseases (COVID-19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192.

Gibbsons, M. (2002). The Self-Directed Learning Handbook. John Wiley and Sons.

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners.