KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING dan CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING

Main Article Content

Suraijiah Suraijiah

Abstract

Tujuan penelitian ini berfokus untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui kombinasi model pembelajaran PBL dan  CTL dengan konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara yang menggunakan kombinasi model pembelajaran PBL dan  CTL dengan konvensional, dan mengetahui kualifikasi setiap indikatornya pada materi Aritmetika Sosial. Jenis penelitian ini lapangan dengan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen dan desain penelitian The Nonequivalent Posttest - Only Control Group, populasinya seluruh siswa kelas VII MTsN 6 Batola dengan teknik sampel Purposive Sampling, sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistika diskriptif yaitu rata-rata dan standar deviasi, dan statistika inferensial untuk menganalisis uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji u. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas yang menggunakan kombinasi model pembelajaran PBL dan  CTL memperoleh rata-rata 76 pada kualifikasi baik dan di kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 61,2 pada kualifikasi cukup. Kualifikasi untuk setiap indikatornya yaitu kemampuan memahami masalah dan membuat rencana sangat baik, kemampuan melaksanakan rencana cukup, dan kemampuan melihat kembali kurang. Sedangkan pada pembelajaran konvensional berturut-turut diperoleh kualifikasi sangat baik, baik, kurang baik, dan kurang baik.

Article Details

Section
Articles

References

A.A, Selly Diah Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2, Ponorogo: CV. Putra Kertonatan, 2013.

Agustin, Risa, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Serbajaya, 2017.

Ariani, Suci, dkk, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMAN 1 Insralaya Utara, Jurnal Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Sriwijaya, Vol. 3, No. 1, 2017.

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Cahyani, Hesti dan Setyawati, Ririn Wahyu, Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA, Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 2016.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Naional, Jakarta : 2010.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2014. dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Fitria, Rahmi, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 4, 2018.

Hamzah, Ali Evaluasi Pembelajaran Matematika, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Hartono,Yusuf, Matematika Strategi Pemecahan Masalah, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Isrok’atun dan Amelia Rosmala, Model-model Pembelajarn Matematika, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2018.

Jacobs, Jennifer dan Hilda Borko, “The Problem Solving Cycle A Model of Mathematics Profesional Develoment, “ dalam jurnal NCSM Journal spring 2007, januari, 2007.

Karso, H. Modul Aritmetika Sosial dan Pebandingan Pembelajaran Matematika SMP.

Kartasasmita, Bana G. dan Prof. Dr. Wahyudin, Modul Matematika Pada Awal Peradaban Manusia.

Kasmadi dan Nia Siti Sunariah, Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Bandung: Cv Alfabet, 2013.

Kemendikbud, Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta: 2016.

Kusaeri, M.Pd, Histogriografi Matematika Rujukan Paling Otoritatif tentang Sejarah Perkembangan Matematika, Yogyakarta: Tajuk Entri Utama, 2017.

Lessani, Abdolreza, Aida Suraya Md.Yunus, dkk, “Comparison Of New Mathematics With Traditional Method,” dalam International Journal Of Social Sciences, vol.3, No.13 Oktober, 2017.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara, Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Refika Aditama, 2017.

Liana, Eva, Pengembangan Strategi Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan MasalahPecahan Pada Siswa yang Mengalami Problema Belajar Mengajar, Tesis Program Studi Pendidikan Kebutuhan Khusus Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2013.

Mahdiyah, Statistik Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Martono, Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011..

Maryadi, Lutfi, Rumus-rumus Matematika SMP Kelas VII, VIII, dan IX, Jakarta: Palito Media, 2018.

Masyhuri dan M. Zainudin, Metedologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif, Bandung: PT Refika Aditama, 2011.

Mawaddah, Siti, Hana Asiah, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP,” Jurnal Pendidikan Matematika FTKIP Universitas Lambung Mangkurat, Vol. 3 No. 2 Oktober 2015.

Mudyahardjo, Radja, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Roebyanto,Goenawan dan Sri Harmini, Pemecahan Masalah Matematika, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Sacchudin, Ahmad Izzan, Hadis Pendidikan Konsep Pendidikan Berdasarkan Hadis, Bandung: Humaniora, 2019.

Saifuddin, Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010.

Shadiq, Fajar, Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Syahruddin, Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Hubungannya dengan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kabupaten Jeneponto, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, 2016.

Uhbiyati, A.A, Ilmu Pendidikan, Semarang: Rineka Cipta, 2001.

Wijaya, Ariyadi, Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Yamin, Martinis dan Bansu I. Ansari, Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.