EFEKTIVITAS PEMANFAATAN WHATSAPP MESSENGER DALAM MENUNJANG PERKULIAHAN MATA KULIAH KALKULUS II
Main Article Content
Abstract
Era disrupsi pada revolusi industri 4.0 ini menuntut dosen dan mahasiswa untuk melek teknologi. Terlebih pada era pandemi COVID-19 saat ini, pembelajaran dengan menggunakan mode daring merupakan suatu kebutuhan. Salah satu alternatif aplikasi yang dapat digunakan adalah memanfaatkan WhatsApp Messenger. Penelitian yang berkaitan dengan pemanfaatan WhatsApp Messenger dalam menunjang pembelajaran telah dilakukan oleh beberapa peneliti. Meskipun demikian, penelitian terdahulu tersebut lebih berorientasi pada pemanfaatan WhatsApp Messenger sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian tentang pemanfaatan WhatsApp Messenger dalam menunjang pelaksanaan perkuliahan di perguruan tinggi perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan WhatsApp Messenger pada perkuliahan mata kuliah kalkulus II. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen jenis one-group pretest-postest design. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Kalkulus II pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP ULM Banjarmasin tahun 2020. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan WhatsApp Messenger dalam pembelajaran mata kuliah kalkulus II efektif terhadap pemahaman konsep dan skill mahasiswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Untuk itu, pelaksanaan perkuliahan mata kuliah kalkulus II dengan memanfaat WhatsApp Messenger layak untuk digunakan.
Article Details
References
Ally, M. (2011). Foundations of Educational Theory for Online Learning. In T. Anderson (Ed.), The Theory and Practice of Online Learning (Second Edi, p. 7). Edmonton: Athabasca University Press.
Alsaleem, B. I. A. (2014). e Eff ect of “WhatsApp” Electronic Dialogue Journaling on improving Writing Vocabulary Word Choice and Voice of EFL Undergraduate Saudi Students. 21st Century Academic Forum, 32–47. Boston.
Amelia, M. (2019). WHATSAPP GOES TO CLASSROOM : USING WHATSAPP TO FOSTER STUDENTS ’ SPEAKING SKILL IN SPEECH. 4th International Conference in Education, 153–158. Batusangkar.
Astarilla, L., & Warman, D. (2017). The Effect of Whats App in Blended Learning on English as Foreign Language (EFL) Undergraduate Students’ Reading Comprehension. 110(Iselt), 74–77. https://doi.org/10.2991/iselt-17.2017.14
Bali, S., & Liu, M. C. (2018). Students’ perceptions toward online learning and face-to-face learning courses. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012094
Bao, W. (2020). COVID ‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University . Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Barhoumi, C. (2015). The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activty Theory on Students’ Knowldege Management. Contemporary Educational Technology, 6(3), 221–238. https://doi.org/10.30935/cedtech/6151
Bawa, P. (2016). Retention in Online Courses: Exploring Issues and Solutions—A Literature Review. SAGE Open, 6(1). https://doi.org/10.1177/2158244015621777
Dearstyne, B. W. (2011). Smart phones: e new information revolution? E Information Management Journal, 39, 38–44.
Dinata, P. A. C., Suparwoto, S., & Sari, D. K. (2020). Problem-Based Online Learning Assissted by Whatsapp to Facilitate The Scientific Learning of 2013 Curriculum. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7647
Dixson, M. D. (2010). Creating effective student engagement in online courses: What do students find engaging? Journal of the Scholarship of Teaching & Learning, 10(2), 1–13. Retrieved from http://ezproxy.deakin.edu.au/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=52225431&site=eds-live&scope=site
Hake, R. R. (2004). Design-Based Research : A Primer For Physics-Education Researchers A Primer For Physics-Education Researchers. American Journal of Physics, (December), 1–34.
Johnson, B., & Christensen, L. (2004). Educational Research Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (Second Edi). Boston: Pearson Education.
Jumiatmoko, M. (2016). Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 51. https://doi.org/10.21580/wa.v3i1.872
Khalil, H. (2017). Using Whats App for Developing Collaborative Writing among English Majors at MUST. Journal of Research in Curriculum Instruction and Educational Technology, 3(3), 137–154. https://doi.org/10.21608/jrciet.2019.24452
Oey-Gardiner, M., Rahayu, S. I., Abdullah, M. A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., & Aruan, C. D. (2017). Era Disrupsi: Peluang Dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia. Retrieved from https://www.ksi-indonesia.org/file_upload/Era-Disrupsi--Peluang-dan-Tantangan-Pendidikan-Ti-06Jul2017054316.pdf
Pertiwi, W. K. (2020). WhatsApp Tembus 2 Miliar Pengguna. Retrieved from tekno.kompas.com website: https://tekno.kompas.com/read/2020/02/13/18190017/whatsapp-tembus-2-miliar-pengguna
Sindang, E. (2013). Manfaat Media Sosial dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta: Pusdiklat KNPK.
Wardani, A. S. (2019). 83 Persen Pengguna Internet Indonesia Pakai WhatsApp. Retrieved from liputan6.com website: https://www.liputan6.com/tekno/read/4113678/83-persen-pengguna-internet-indonesia-pakai-whatsapp