PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBANTUAN SMARTPHONE PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Main Article Content

Ulfa Nur Annisa
Syariful Fahmi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya modul matematika serta kurangnya pemanfaatan smartphone saat proses pembelajaran di kelas VII SMP N 2 Gamping. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan modul matematika berbantuan smartphone pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development  Implementation and Evaluation. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi sebesar 90,12% dengan kategori sangat baik, ahli media sebesar  88,96% dengan kategori baik uji coba kelas kecil sebesar 93,2% dengan kategori sangat baik dan uji coba kelas sebesar 87,2% dengan kategori baik. Keseluruhan hasil dari semua aspek instrument termasuk dalam kategori sangat baik dengan hasil sebesar 89,87%. Oleh karena itu, modul matematika berbantuan smartphone dapat dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar matematika untuk siswa SMP Kelas VII.

Article Details

Section
Articles

References

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Evijayanti, W. 2016. “Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial”. Publikasi Ilmiah: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siswanto, dkk. 2013. Tahapan Penyelesaian Soal Aritmetika Sosial ditijau dari Tahapan O’neil Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa SMP. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tanjungsari.

Suherman. 2015. Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 6. No. 1. Hal 81-90.

Sundayana, R. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Tegeh, I. M., I, N.J., & Ketut, P. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptiany, dkk. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 10 Hal 1938-1942.

Yuliastuti, M. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Aritmatika Sosial pada Siswa SMP Kelas VII dengan Pendekatan Saintifik. Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang.