KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DISAAT PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa smp disaat pandemi covid-
19. Pada masa pandemi covid-19 yang mengharuskan siswa belajar dirumah dapat mempengaruhi tingkat kemandirian belajar siswa,karena dengan kemandirian dalam belajar dimasa pandemi covid siswa akan tetap dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIII dengan jumlah 20 orang dan merupakan siswa dari SMPN 1 Muara Teweh . Sebelumnya peneliti terlebih dahulu melakukan beberapa uji pada instrumen yaitu uji keterbacaan kepada 5 orang siswa SMPN 1 Muara Teweh, uji validitas dan uji reliabelitas dengan nilai Alpha diperoleh sebesar 0,875, Pada signifikan 0,05 dengan nilai N sebesar 0,482. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan kuesioner/angket yang dibagikan melalui google formulir dan menggunakan metode perhitungan skala likert pada analisis datanya.Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas VIII yang bersekolah di SMPN 1 Muara Teweh pada pebelajaran daring(online) disaat pandemi covid-19 memiliki tingkat belajar yang sangat baik dengan indeks pada rentang 80 % - 100 % .
Article Details
References
Aini, Pratistya Nor dan Taman, Abdullah. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips SMAN 1 Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(1): 48-65.
Hamalik, Oemar, (2000), Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Y.P Pemindo
Mujiman, Haris. (2007). Belajar Mandiri.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mujiman, Haris. (2006). Belajar Mandiri.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128-137.
Seomarmo, Utari. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.Bandung: PT Refrika Aditama
Sugiyono.(2015).Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Suhendri, Huri dan Mardalena, Tuti. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, 3(2): 105-114.