PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA PADA SMA/MA SEDERAJAT
Main Article Content
Abstract
Media merupakan salah satu alat pendukung suatu keberhasilan dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Media pembelajaran tidak terbatas, hingga beragam hal dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Salah satunya adalah permainan ular tangga yang dijadikan sebagai media pembelajaran. Permainan ular tangga tidak hanya sebatas penghibur dikala waktu senggang bagi siswa yang secara garis besar adalah anak-anak. Akan tetapi, dapat dijadikan sebagai media pembelajaran terutama pembelajaran sastra. Tujuan penelitian ini ialah memudahkan siswa SMA/MA Sederajat agar dapat memahami sekaligus mengapresiasi sastra baik sastra nasional maupun sastra daerah. Tidak hanya itu, tetapi juga melalui permainan ini dapat menambah wawasan pengetahuan siswa mengenai sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yaitu berupa kata dan kalimat yang terdapat dari hasil angket. Hasil penelitian, memperlihatkan bahwa penggunaan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran sastra, efektif dan memudahkan siswa dalam memahami mengenai banyak hal mengenai sastra serta diharapkan siswa mampu mengimplementasikannya.
Article Details
References
Nurseto, Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan Volume 8 Nomor 1, April 2011.
Nugrahani, Rahina. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 36. NO. 1. Juni 2007.
Riyanti, Asih & Inung Setyami. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia. DOI: 10.26858/retorika.v10i2.4881