MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI SIMPLE PRESENT TENSE MENGGUNAKAN TEKNIK PENGAJARAN BAHASA INGGRIS GRAMMAR TRANSLATION METHOD PADA MAHASISWA ANGGOTA LANGUAGE CLUB STAI RAKHA AMUNTAI
Main Article Content
Abstract
Simple present tense merupakan salah satu materi pembelajaran tata bahasa Inggris pada jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Permasalahan pada beberapa anggota Klub Bahasa kurang memahami penggunaan s / es / ies pada Simple present tense untuk ketiga orang. Tujuan penelitian termasuk; 1) untuk memperoleh gambaran kemampuan anggota Klub Bahasa sebelum dan sesudah menggunakan teknik pengolahan Tata Bahasa Metode Terjemahan ; (2 untuk memberikan pemahaman pembelajaran dengan Grammar Translation Method ; dan (3 untuk meningkatkan pemahaman para anggota Language Club dalam penggunaan s / es / ies pada Simple present tense)untuk orang ketiga. Penelitian ini merupakan Penelitian Kasus Tunggal ( Single Case Research ) dengan desain penelitian A1-B-A2. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang mengidentifikasi gejala pemahaman yang rendah terhadap pembelajaran materi Simple Present Tense sebanyak 2 (dua) orang yang berasal dari English Morning Class in Language Club . Hasil temuan pada penelitian eksperimen ini menunjukkan bahwa teknik Grammar Translation Method mampu meningkatkan pemahaman anggota Language Club terhadap pembelajaran Simple Present Tense. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Sumarni mengalami peningkatan yang pesat dan tergolong konsisten sedangkan Khairunnisa mengalami peningkatan meskipun masih belum konsisten tapi tetap menunjukkan peningkatan yang baik.
Article Details
References
Adi, S. S. (2012). Audio scaffolding dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Malang: UB Press
Brown, H. D. (2006). Principles of language learning and teaching. San Francisco State University
Elaine, K & Darcy, J. (2002). Interaction 1 Grammar. New York: McGraw-Hill 4th edition.
Elmayantie, C. (2015). The use of Grammar Translation Method in teaching English. Journal on English as a Foreign Language. 5(2), 125-131.
Fauziati, E. (2008). Teaching of English as a Foreign Language (TEFL). Surakarta: Muhammadiyah University Press
Hakim, T. (2002). Mengatasi kegagalan berbicara dalam Bahasa Inggris, Jakarta: Puspa Swara
Hamid, A. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, materi dan Media), Malang: UIN Malang Press
Lester, M. (2010). English irregular verb. United States: McGraw-HilI
Sani, R. A. (2014). Inovasi pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Setiyadi, B. (2006). Teaching English As A Foreign Language, Yogyakarta: Graha Ilmu,
Supono, I & Cahya, W. (2004). Panduan menguasai 16 tenses, Jakarta: Kawan Pustaka
Sunanto; Takeuchi & Nakata (2005). Pengantar penelitian dengan subyek tunggal. Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED) University of Tsukuba
Syilvia, C & Edmund, W. (1994). The Oxford Dictionary of English Grammar, New York: Oxford University press.