INOVASI PROSES PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA KELAS KARYAWAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Dian Herdiana

Abstract

Perkuliahan bagi kelas karyawan secara empiris memiliki beberapa perbedaan dengan perkuliahan kelas regular, salah satunya yaitu fleksibilitas waktu perkuliahan yang diselenggarakan setelah jam kerja dilaksanakan. Adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan perkuliahan dilaksanakan secara daring menuntut adanya inovasi guna menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Didasarkan kepada penjelasan tersebut, maka artikel ini ditujukan untuk mengkaji inovasi pembelajaran seperti apa yang harus dilakukan guna menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data diperoleh dari sumber data primer baik hasil wawancara dengan dosen maupun wawancara dengan mahasiswa, serta sumber data sekunder baik dari buku, jurnal dan sumber referensi lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pembelajaran bagi kelas karyawan setidaknya meliputi tiga aspek, yaitu: Pertama, penyusunan materi yang lebih didasarkan kepada perkembangan isu kontekstual. Kedua, media pembelajaran utama yaitu Google Class didukung dengan platform digital lainnya seperti WhatsApp dan Zoom. Ketiga, fleksibilitas interaksi dalam pembelajaran yang tidak terikat kepada waktu sebagaimana pembelajaran secara tatap muka.

Article Details

Section
Articles

References

Alwi, H. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Reseach Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: Sage Publications.

Erzad, A. M. (2015). Inovasi Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Bahasa Inggris Di STAIN Kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 339–366.

Harris, S., & Ernawati, A. (2013). Pengaruh Keberadaan Kampus Universitas Indraprasta PGRI Terhadap Perkembangan Wilayah Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Faktor Exacta, 6(1), 51–69.

Helmi, A. F. (2009). Bagaimana Menciptakan Inovasi Produk ? Buletin Psikologi, 17(1), 1–10.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/1/Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru Hambatan%2C Solusi Dan Proyeksi.pdf

Kamaluddin. (2017). Dampak Keberadaan Perguruan Tinggi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Di Kelurahan Mande. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, IV(2), 139–158.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Sistem Belajar Daring. Retrieved July 5, 2020, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-gandeng-swasta-siapkan-sistem-belajar-daring

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra, 3(2), 373–390.

Masriadi. (2020). Suka Duka Kuliah Online Saat Pandemi Corona: Dosen dan Mahasiswa “Gaptek” hingga Mengeluh Boros Paket Data. Retrieved July 2, 2020, from https://regional.kompas.com/read/2020/04/07/22044941/suka-duka-kuliah-online-saat-pandemi-corona-dosen-dan-mahasiswa-gaptek?page=all

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.

Nugroho, A. (2020). Kuliah Online Pilihan Tepat di Saat Pandemi Covid-19. Retrieved July 2, 2020, from https://ugm.ac.id/id/berita/19439-kuliah-online-pilihan-tepat-di-saat-pandemi-covid-19

Nulhaqim, S. A., Heryadi, R. R., Pancasilawan, R., & Fedryansyah, M. (2016). Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Menghadapi Asean Community 2015 (Studi Kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung). Share: Social Work Journal, 6(2), 197–219.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Indonesia.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tae, D. T., Setijawan, A., & Gai, A. M. (2011). Pengaruh Keberadaan Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Malang Terhadap Ekonomi Di Kawasan Sekitar (Studi Kasus :Universitas Negeri, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri dan Politeknik Negeri). Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 3(1–9).

Taufiq, A. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. Madani: Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 35–52.

World Health Organization. (2020). Report of the WHO-China Joint Mission on Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Geneva.