PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DIMASA PANDEMI MENGGUNAKAN PORTAL ELEARNING DAN YOUTUBE CHANEL (STUDI KASUS DI STKIP NU KABUPATEN TEGAL)

Main Article Content

Eko Eddya Supriyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan strategi pembelajaran online untuk menyiasati kondisi pandemik yang menjangkiti tidak hanya warga negara Indonesia akan tetapi seluruh warga dunia. Media pembelajaran mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di STKIP NU Kabupaten Tegal di laksanakan dengan model online learning. Kami menggunakan aplikasi http://elearning.stkipnutegal.ac.id yang terintegrasi dengan zoom meeting. Apabila pembelajarannya tidak interaktif penulis melakukan uploading video hasil pembelajaran pada youtube chanel. Pada kondisi tersebut mahasiswa merasakan kemudahan dalam mengakses pembelajaran yang mereka butuhkan disaat pandemik yang mengharuskan seluruh kegiatan belajar mengajar harus menggunakan media daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (R & D) yang mana membutuhkan analisis kebutuhan untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan pengembangan suatu media pembelajaran, tujuan pembelajaran, serta pengembangan dan implementasi. Pada setiap fase pembelajaran membutuhkan perbaikan terutama dari portal e-learning kampus yang sering kali mengalami down Ketika seluruh mahasiswa mengakses portal tersebut. Perlunya penambahan kapasistas server elearning agar pelaksanaan pembelajaran maupun ujian dan evaluasi pembelajaran mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan lancer. Hasil pembelajaran dari proses belajar daring ini cukup efektif, meskipun tentu diperlukan perbaikan model pengembangan pembelajaran yang akhirnya disiasati oleh peneliti dengan mengupload video pembelajaran pada portal youtube (Tutorial Kuliah). Umumnya kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam mengakses zoom adalah terkait kuota, sinyal, dan gadget yang dimiliki beberapa mahasiswa tidak support dengan media pembelajaran yang diterapkan oleh dosen.

Article Details

Section
Articles

References

Angraini, R. (2017). Karakteristik Media yang Tepat dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pen-didikan Nilai. J. Moral Civ. Educ, 1, 14-24.

Dharma, S. (2017). Pembelajaran Inovatif Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dalam Pendidikan Kewarganegaraan.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hamzah, Irawan. (2019). Penelitian Berbasis Proyek Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Kajian Teoretik & Contoh-Contoh Penertapannya. Malang: Literasi Nusantara.

Hayati, T., & Radiana, U. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Weblog dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kecakapan Belajar Kelas X (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Irawan, Bambang, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Website Pada Materi Listrik Dinamis. Skripsi Universitas Tanjungpura Pontianak.

Kade, Dewa T. Suriadhie, G & SUwatra, W. (2014). Pengembangan e-learning berbasis Edmodo pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol: 1.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Nurdiansyah, E., El Faisal, E., & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1-8.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Keuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Cetakan Pertama. Jakarta: Grasindo.