KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN DARING ERA NEW NORMAL DI KABUPATEN SUMENEP
Main Article Content
Abstract
Kesiapan sekolah dalam pembelajaran daring salah satunya adalah kesiapan pendidik dalam pembelajaran. Tujuan penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring pada era new normal bagi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu guru kelas satu dan empat yang terdapat di wilayah Sumenep sebanyak lima puluh guru dengan sampel sebanyak dua puluh sembilan guru Sekolah Dasar yang berasal dari sepuluh Sekolah Dasar negeri dan dua Sekolah Dasar swasta yang ada di Kabupaten Sumenep. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kesiapan guru Sekolah Dasar serta menggunakan wawancara tertutup. Analisis datanya menggunakan dengan teknik persentase data dibuat secara kategorikal. Hasil penelitian menyatakan bahwa 55, 75 % guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep siap melaksanakan pembelajaran daring dan 44, 25 % guru Sekolah Dasar tidak siap dalam pelaksanaan pembelajaran daring atau online. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah guru sekolah dasar di Kabupaten Sumenep sudah siap melakukan pembelajaran daring pada era new normal.
Article Details
References
Agus P., Rudy P., Masduki A., Priyono B.S., Laksmi M.W., Choi C.H., Ratna S.P. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edupsycouns Journal. 2 (1). 2020.
Baharin, R., Halal, R., Aji, S., Yussof, I., & Saukani, N. M. (2020). Impact of Human Resource Investment on Labor Productivity in Indonesia. Iranian Journal of Management Studies, 13(1), 139–164. https://doi.org/10.22059/ijms.2019.280284.673616
Kemdikbud. 2020. Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Online. Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-setentang-pelaksanaan-pendidikan dalam-masa-darurat-covid19. Diakses, 30 Juni 2020
Kemdikbud. 2020. Sikapi Covid-19, Kemendikbud Terbitkan Dua Surat Edaran. Online. Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/sikapicovid19-kemendikbud-terbitkan-dua-surat-edaran. Diakses, 30 Juni 2020
Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2020 (Covid19).
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme
Suryawan, O. (2020). Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. BALIPUSPANEWS.COM
Tim, C. I. (2020). Corona, Kelas Daring, dan Curhat 2 Guru untuk Orang Tua. CNN Indonesia. https://m.cnnindonesia.com/gayahidup/20200330165053-284-488368/coronakelas-daring-dan-curhat-2-guru-untuk-orangtua di akses pada tanggal 30 Juni 2020
Teddy, & Swatman, P. M. C. (2006). E-learning Readiness of Hong Kong Teachers. The Journal of Education Research University of South Australia.
Wahyudin D., R. Yuli A.H., Ali M., Muhlas. Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2020.