MODEL PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBANTUAN GCLASSROOM SMK NEGERI 3 BANJARMASIN

Main Article Content

Ketut Sutame

Abstract

Makalah  ini  bertujuan mengupas tuntas  baik secara teori maupun teknis pengelolaan pembelajaran remedial berbantuan Google Classrom di SMK Negeri 3 Banjarmasin. Makalah ini mengacu pada referensi  yang berkaitan dengan pembelajaran remedial yang diimplementasikan dalam Google Classroom (Gclassroom). Seleruh siswa bergabung dalam kelas maya  yang selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) Mapel Matematika dalam satu semester. Setiap KD akan diadakan penilaian. Siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), lanjut ke KD berikutnya sedangkan siswa yang dibawah KKM akan diberikan pembelajaran remedial berbantuan Gclassroom. Implementasi  TIK dalam pembelajaran dianggap mampu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran (Ismaniati, 2010), (Prayitno, Kurniawati, & Arvianto, 2018) seperti penggunaan aplikasi Google  Classroom (Darmawan, 2019), (Ernawati, 2018), (Firmansyah, 2014). Sehingga penerapan pembelajaran remedial berbantuan Gclassroom diduga berhasil menuntaskan pembelajaran pada siswa.

Article Details

Section
Articles

References

B. Karyanto, U. (2011). Srategi Pembelajaran Remedial dan Implementasi dalam Pembelajaran. Forum Tarbiyah, 64-75.

Badar at-Taubani, T. I., & Suseno, H. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Depok: Kencana.

Buna'i. (2007). Program Remedial (Solusi Alternatif bagi Siswa yang Kesulitan Belajar dalam UNAS). Tidris, 264-278.

Darmawan, Y. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta. Surakarta: FKIP-UMS.

Donata, D., Zakso, A., & Sulistyarini. (2013). Pelaksanaan Program Remedial pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMAN 4 Pontianak. Pontianak: FKIP Tanjungpura.

Ernawati. (2018). Pengaruh penggunaan aplikasi google classroom tehadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Firmansyah, A. (2014). Pengunaan Pembelajaran Kolaboratif Melalui Aplikasi Google Spreadsheet Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMPN 1 Bandung. Bandung: Repository UPI.

Hapsari, M. J. (2020, Februari 18). KKM Matematika SMKN 3 Banjarmasin. (K. Sutame, Interviewer)

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasidalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Yogyakarta: FIP-UNY.

Kemdikbud. (2016). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemendikbud. (2018, Nopember 9). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/11/angka-partisipasi-kerja-lulusan-smk-terus-meningkat

Kemendikbud, P. (2019, 07 00). Capaian Penilaian. Retrieved from Pusat Penilaian Pendidikan: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&unbk!1!&

Kepmendikbud. (1997). Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada SMK. Jakarta: Kemendikbud.

Khurniawan, A. W., Erda, G., & Majid, M. A. (2019). Profile Lulusan SMK Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia Tahun 2018/2019. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Lidi, M. W. (2018). Program Remedial (Solusi Alternatif bagi Siswa yang Kesulitan Belajar dalam UNAS). Foundasia, 15-26.

Malawi, I., Kadarwati, A., & Kusuma D, D. P. (2019). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Masbur. (2012). Remedial Teaching Sebagai Suatu Solusi: Suatu Analisis Teoritis. Didaktika, 348-367.

Mutmainah, Irnidayanti, Y., & Puspitaningrum, R. (-). Penerapan Program Remedial dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Parameter, 187-192.

Muzhar, M. (2018). Penentuan Standar Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMAN 17 Makassar . Makassar: Pendidikan Fisika Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Untag-sby, 401-414.

Seftiawan, D. (2019, Agustus 6). Pikiran Rakyat. Retrieved from Pikiran Rakyat: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01316756/pertumbuhan-jumlah-smk-tak-sebanding-dengan-peningkatan-kualitas

Sekretariat Kabinet. (2016, September 13). Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016. Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016. Jakarta, Indonesia: Sekretariat Kabinet RI.

Sholihah, N. (2008). Implementasi Program Remedial Teaching dalam Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman Kota Malang. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Malang.

Slamet. (2015). PEMBELAJARAN REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VI SDN Genengan 2 Pada Pembelajaran Matematika “FPB Dan KPK”). An-Nuha, 98-116.

Sudrajat, A. (2008, Agustus 15). Tentang Pendidikan. Retrieved from Tentang Pendidikan: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/15/pengertian-fungsi-dan-mekanisme-penetapan-kriteria-ketuntasan-minimal-kkm/

Sugiyono, Sutopo, & Nuryanto, A. (2013). Model Pemberdayaan pada Satuan Pendidikan Menengah yang dikelola Masyaakat. Yogyakarta: UNY dan Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.

Wikipedia. (2020, February 07). Article. Retrieved from Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Vocational_education

Zella, M. (2016). Analisis Pelaksanaan Program Remedial Mata Pelajaran Matematika dan Konstribusinya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 4 Bontonompo Kabupaten Gowa. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.