PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis android untuk membantu mengatasi rendahnya kemampuan spasial peserta didik dalam memahami materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Peneliti melakukan tahap implementation pada peserta didik kelas VIII F di SMP Negeri 1 Pleret Bantul. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi dan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti berhasil mengembangkan media pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis Android. Penilaian materi oleh ahli materi sebesar 90.91%, penilaian media oleh ahli media sebesar 96.93% ,respon peserta didik kelas uji coba (lima peserta didik) sebesar 92.14%, respon peserta didik kelas besar mendapatkan persentase sebesar 84.70%, dan rata-rata persentase dari seluruh penilaian tersebut sebesar 91.17%. Persentase tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran yang telah peneliti kembangkan sangat layak untuk digunakan dalam membantu peserta didik mempelajari materi bangun ruang sisi datar.
Article Details
References
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta : BSNP.
Eka, Lestari Kurnia. & M.R.Yudhanegara.2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama.
Ibrahim, R. & Sukmadinata Nana Syaodih.2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Imswatama,A. 2016. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1),1-12
Kemendikbud.2013. Permendikbud nomor 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Mutia.2017.Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Kubus, Balok dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Tadris Matematika, Vol.10, 83-102
Palelupu, Davik Neo dan Mochammad Cholik.2014. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Karakter dengan software Adobe CS 3 Pada Mata Diklat Gambar Teknik di Kelas X TOM SMK Krian I Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(2),10-19
Singkoh,Robert Theopani.2016. Perancangan Game FPS Police Personal Training. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, Vol.5 No.1, 28-34
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai.2013.Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algensindo Offset
TIMSS.2015.TIMSS 2015 International Results in Mathematics. IEA TIMSS & PIRLS International Study Center.