Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Simbiosis di MIN 14 Hulu Sungai Selatan

Main Article Content

Muhammad Mustofa Yusuf

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang baik harus ditunjang melalui proses yang baik agar mutu pendidikan menjadi lebih meningkat seperti yang diatur dalam Permendikbud No. 24 tahun 2016 tentang standart proses. Pembelajaran harus dilakukan dengan interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kelas. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat menunjang standart proses tersebut adalah bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa video pembelajaran pada materi simbiosis untuk siswa kelas VI B MIN 14 HSS yang tervalidasi oleh praktisi lapangan dan uji keterbacaan oleh siswa. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE dengan teknik analisis data kualitatif-kuantitatif. Hasil validasi berupa skor dan deskipsi komentar yang diisikan oleh validator. Persentase validasi paktisi lapangan sebesar 82,69% dan uji coba keterbacaan produk oleh subjek coba sebesar 85,71%.  Produk yang dihasilkan termasuk kategori valid dan dapat digunakan setelah dilakukan perbaikan.

Article Details

Section
Articles

References

Hegarty, M. 2004. Dynamic visualizations and learning: getting to the difficult questions. Learning and Instruction 14 343–351: University of California

Harrison, Henry, L., Hummel, & Laura, J. (2010). Incorporating Animation Concepts and Principles in STEM Education. The Technology Teacher. USA Page 20-25. (online), (https://eric.ed.gov/?id=EJ8878 17) diakses tanggal 5 February 2020

Maryani, S. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Mata Kuliah Komputerisasi Akuntansi (Studi Kasus: Myob Accounting 17 Pada Modul Banking). (Online) (http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/economy/2009/Artikel_21205188.pdf) dikases tanngal 19 Februari 2020

Nugroho, A. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point dengan Video dan Animasi Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Pada Materi Perawatan Unit Kopling Siswa Kelas 2 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Putri, N. 2012. Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol.1 No.12

Rudi, S. & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Saragih, L. 2012. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sistem Injkesi Bahan Bakar Diesel Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Suartama, I., K. 2010. Pengembangan Mutimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 43, Nomor 3, hlm.253-26

Taufik, M. 2014. Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X5 SMA Muhammadiyah 3 Jember Semester Ganjil Tahun 2013-2014 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pola Perilaku Konsumen Dan Produsen Dalam Kegiatan Ekonomi). Jember: Universitas Jember