ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PHYTAGORAS

Main Article Content

Ega Dian Resliana
Rahmatya Nurmeidina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep pada Teorema Phytagoras. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi kasus. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu lembar tes soal pemahaman konsep Teorema Phytagoras dan pedoman wawancara. Sampel penelitan ini adalah 4 orang siswa SMP kelas VIII. Adapun soal yang diberikan yaitu 2 pertanyaan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan materi Teorema Phytagoras dalam bentuk uraian. Analisis yang digunakan berdasarkan kesalahan konseptual, prosedural, dan komputasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: pertama,  kesalahan konseptual yaitu siswa kurang tepat dalam menggambarkan bentuk segitiga siku-siku sehingga ukuran sudutnya tidak tepat 0°an siswa tidak menuliskan tanda kuadrat pada rumus dan siswa salah dalam memasukan nilai p dan q. Kedua, dikarenakan siswa salah memasukkan nilai p dan q, sehingga siswa juga melakukan kesalahan prosedural dalam langkah berikutnya pada pembuktian menggunakan teorema phytagoras yaitu pada saat menukar posisi nilai 25 diruas kiri dan 16 diruas kanan agar sesuai dengan yang ingin dibuktikan. Ketiga, kesalahan komputasi yaitu kesalahan yang terjadi pada proses perhitungan. Karena pada proses awal subjek salah dalam menuliskan nilai p dan q maka ini juga berpengaruh pada proses penyelesaian tahap komputasi.

Article Details

Section
Articles

References

Brown, J., & Skow, K. (2016). Mathematics : with Instructor ’ s Guide Table of Contents n Mathematics : Identifying and Addressing Student Errors.

Elbrink, M. (2008). Analyzing and Addressing Common Mathematical Errors in Secondary Education. BS Undergraduate Mathematics Exchange, 5(1), 2–4.

Hasan, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Teorema Pythagoras. 2008, 468–477.

Khamid, L. (2017). Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII dalam Penyelesaian Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 7 Kediri. Simki-Techsain, 01(08), 1–10.

Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesakan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegipanjang berdasarkan taksonomi solo plus pada kelas vii. Mathedunesa, 2(1).

Nurani, A. (2019). No Title. Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teorema Phythagoras Kelas VIII.

Nurkhaeriyyah, T. S., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa mts di kabupaten cianjur pada materi teorema pythagoras. 1(5), 827–836.

Nurmeidina, R., & Rafidiyah, D. (2019). Analysis of Students’ Difficulties in Solving Trigonometry Problems. Profunedu. https://doi.org/10.4108/eai.7-8-2019.2288422

Tiurma, N. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 1(1).