PENGEMBANGAN SOAL GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE UNTUK MENGUKUR TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TINGKAT SMP
Main Article Content
Abstract
Teori Van Hiele adalah teori belajar yang fokus pada topik geometri. Topik geometri adalah salah satu bidang matematika yang dipelajari di sekolah inklusi. Siswa slow learner adalah siswa dengan kemampuan intelektual rendah di dalam kelas inklusi. Penting untuk mengetahui kemampuan mereka agar guru bisa mengatur penyampaian materi sehingga siswa dengan kemampuan intelektual rendah tidak jauh tertinggal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal geometri berdasarkan teori Van Hiele untuk mengukur tingkat berpikir geometri anak berkebutuhan khusus kategori slow learner yang valid. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model formative research Tessmer. Pengembangan soal hanya sampai pada tahap expert review. Hal ini akibat terjadinya pandemik covid 19, sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya uji empirik. Berdasarkan hasil analisis dari expert review, dihasilkan 5 butir soal bentuk uraian yang valid dengan rata- rata validitas 3,3. Kelima soal tersebut adalah tentang segi empat. Soal yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan oleh guru untuk keperluan pembelajaran matematika di kelas inklusi.
Article Details
References
Handayani, F. A., Ambarita, A., & Hanilah, E. Y. (2017). Pengembangan Lemba[r Kerja Peserta Didik berbasis assisted Learning Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pedagogi.
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Kristanti, D., & Julia, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matemtika Model4-D untuk kelas inklus sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal MAJU, 38-50.
Shaw, S. R. (2010). Rescuing Students from the Slow Learner Trap. Principal Leadership, 12-16.
Shaw, S. R. (2010). Rescuing Students from the Slow Learner Trap. Principal Leadership, 12-16. Kemampuan Komunikasi Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Al-Jabar.
Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. Chicago: Department of Education The University of Chicago.