ANALISIS KESALAHAN DITINJAU DARI JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KRITERIA WATSON PADA SISWA SMA NEGERI SE-BANJARMASIN UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Article Content

Khusnatun Khusnatun
Agni Danaryanti
Asdini Sari

Abstract

Salah satu materi matematika yang dianggap sulit adalah materi program linear dan siswa sering melakukan berbagai kesalahan dalam menyelesaikan persoalannya. Materi ini mempunyai peranan yang sangat penting, karena memuat permasalahan-permasalahan kontekstual yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang sering kali dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan kriteria Watson. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara. Pengumpulan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling  dan simple random sampling dengan sampel penelitian kelas XI MIPA 1, XI MIPA 4, dan XI MIPA 5 pada SMAN 5 Banjarmasin, kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 pada SMAN 11 Banjarmasin, serta kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 pada SMAN 12 Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa soal uraian dan dianalisis berdasarkan kriteria Watson. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan kategori kecil terjadi pada kesalahan data hilang, kesimpulan hilang, prosedur tidak tepat, dan masalah hierarki keterampilan, sedangkan kategori sangat kecil terjadi pada kesalahan konflik level respon, selain ketujuh kategori, manipulasi tidak langsung, dan data tidak tepat.

Article Details

Section
Articles

References

Astuty, K. Y., & dkk. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pecahan di SDN MENDOKAN SEMAMPIR. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Vol.2 No.3, 1-7.

Ayarsha, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Skripsi Sarjana. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Tidak dipublikasikan.

Djadir, Minggi, I., & dkk. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran/Paket keahlian Matematika Bab VII Program Linear. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

E.S, P., & Anwar, C. (2008). Matematika Apliaksi: untuk SMA dan MA kelas XII Program Studi Ilmu Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Fitrah, M. (2016). Model Pembelajaran Matematika Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Hamdi, A. S., & Bahrudin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Pusat Penilaian Pendidikan. Diakses 20 April 2020, dari http://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nilasari, T. F., & dkk. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Watson Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Daerah di Kelas VII D SMP Negeri 11 Jember. ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA , I(2), 1-5.

Nuroniah, M., Rochmad, & Wijayanti, K. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah dengan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Mathematics Education , 2(2), 1-9.

Permatasari, R. A., & dkk. (2014). Analisis Kesalahan Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Permasaahan Perkalian dan Pembagian Pecahan Siswa Kelas V SDN Tegal Gede 01. ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA , I(I), 1-5.

Sholihah, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VII MTs Laboratorium UIN-SU T.P 2017/2018. Skripsi Sarjana. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan. Tidak dipublikasikan.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY , 1-3.

Wulandari, V. A. (2016). Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Masalah Open Ended Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson pada Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP 4 Jember. Skripsi Sarjana . Universitas Jember, Jember. Tidak dipublikasikan.