PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “HOTSNAKER” BERBANTUAN VLOG SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA NEW NORMAL

Main Article Content

Lailatul Mukarromah
Fury Styo Siskawati

Abstract

Di era pandemi covid-19 seperti saat ini, sektor pendidikan mendapat guncangan keras bersamaan dengan diberlakukannya aturan New Normal. Hal ini disebabkan oleh ketidaksiapan SDM serta kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah. Ketidaksiapan ini nantinya akan bermuara pada menurunnya hasil belajar siswa terutama di bidang matematika yang dikenal sulit dan abstrak. Berbagai inovasi media pembelajaran sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan pendidikan di era New Normal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan HOTSNAKER sebagai alternatif media pembelajaran matematika di era new normal. Media ini berupa lembar project bermuatan HOTS yang dikemas dalam bentuk game edukasi dimana penerapannya dipadukan dengan pembuatan video blog (vlog) untuk menciptakan proses pembelajaran matematika yang lebih bermakna. Dengan demikian, media ini diharapkan mampu meningkatkan potensi HOTS siswa di era new normal. Lebih jauh dari itu, media ini juga dapat mengembangkan bakat siswa dalam bidang kreator dengan adanya pembuatan vlog. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dengan model pengembangan Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3D model. Validasi produk pengembangan mencakup uji ahli isi materi dan uji ahli media pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran matematika HOTSNAKER yang telah tervalidasi oleh para ahli.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azzahra, N.F. 2020. Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Diakses melalui https://www.cips-indonesia.org pada 15 Juni 2020.

Chandra, F.E., Siskawati F.S., & Lutfiah, H. 2019. Pentingnya Meningkatkan HOTS dan AQ Siswa Guna Mempersiapkan Siswa Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Guru SMKS Al-Akhyar Wonokusumo Bondowoso. Jurnal Pengamas 2(2):95-103.

Hanafi, M. 2019. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT. Diakses melalui http://jurnal.umt.ac.id pada 15 Juni 2020.

Nurfitriyanti, M. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2):149-160.

Sambite, dkk. 2019. Penerapan Project Based Learning berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 7(2):141-147.

Siregar, N.R. 2017. Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. ISBN: 978-602-1145-49-4. Diakses melalui http://jurnal.unissula.ac.id pada 15 Juni 2020.

Siskawati, F.S., Chandra, F.E. 2017. Pengembangan Leker Gabel dengan HOT Potatos Untuk Meningkatkat Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Islam Jember. Jurnal Gammath Vol.2, No.2.