PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Main Article Content

Nafisa Nur Zaqiyah
Soraya Djamilah

Abstract

Prestasi belajar dipengaruh oleh faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor eksternal ialah perhatian orang tua dan salah satu faktor internal ialah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N Pemurus Dalam 8 di Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Pemurus Dalam 8 Tahun Ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah hasil UAS Matematika siswa kelas V SD N Pemurus Dalam 8 semester gasal, angket perhatian orang tua, dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N Pemurus Dalam 8 Tahun Ajaran 2019/2020 di Kota Banjarmasin; dan (2) secara bersamaan (simultan) variabel perhatian orang tua, dan motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD N Pemurus Dalam 8 Tahun Ajaran 2019/2020 di Kota Banjarmasin.

Article Details

Section
Articles

References

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53-61.

Gonzales, N. A. et al. (1996). Family, peer, and neighborhood influences on academic achievement among African-American adolescents: one year prospective effects. American Journal of Community Psychology, Jun 1996; 24, 3.

Houtenville, A.J. & Conway, K. S. (2007). Parental Effort, School Resources and Student Achievement. The Journal of Human resources. Vol 43 no. 2 437-453. Diambil pada tanggal 9 april 2013, dari http://jhr.uwpress.org/content/ 43/2/437.refs.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal riset pendidikan matematika, 1(2), 176-187.

Paulpandi, B., & Govindharaj, P. (2017). Academic achievement in mathematics subject among secondary school students in Madurai, Tamil Nadu. International Journal of Indian Psychology, 4(3), 57–63.

Rivai, V., & Murni, S. (2016). Education management: Analisis teori dan praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Retrieved from http://eprints.radenfatah.ac.id/420/

Silinskas, G., & Kikas, E. (2019). Parental involvement in math homework: Links to children’s performance and motivation. Scandinavian Journal of Educational Research, 63(1), 17–37.

Tella, A. (2007). The impact of motivation on student’s academic achievement and learning outcomes in mathematics among secondary school students in Nigeria. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 3(2), 149–156.

Ulandari, K. S. S., Dibia, I. K., & Sudana, D. N. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).